dlucky14

Life Without Limits

Are You Ready ?

Tidak ada saat yang tepat untuk kata “siap” kecuali diciptakan sendiri, bahkan untuk ujian masuk perguruan tinggi sekalipun yang tanggal dan waktunya sudah diketahui jauh-jauh hari tetap saja peserta ujian mengatakan tidak siap. Barulah ketika selesai mengikuti ujian tersebut perasaan peserta menjadi “plong”
Dulu semasa SMA tahun 2000, untuk pertama kalinya saya ke dokter gigi. Karena membayangkan ketakutan akan sakitnya gigi pada saat bersentuhan dengan bor akhirnya tercipta perasaan takut dan tidak siap. Pada saat bertemu dengan dokter gigi perasaan tidak siap semakin menghantui pikiran. Setelah berbaring di kursi dokter gigi, mesin bor berbunyi dan apa yang terjadi. “Stoop!!!! Nanti saja dokter, saya tidak siap sekarang, lagian lubang di gigi saya belum terlalu besar” kejadian memalukan itu masih teringat sampai sekarang. Pikir saya mungkin 6 bulan lagi saya akan siap ke dokter gigi.
Setelah enam bulan belalu, saya kembali ke dokter gigi yang berbeda (malu kembali ke dokter gigi yang sama). Saat tiba ke tempat praktek, perasaan takut dan tidak siap kembali muncul di pikiran. Dalam hati, kalau menunggu lebih lama pasti tidak akan pernah siap untuk mengambil tindakan pada gigi yang berlubang. Singkat cerita, saya memberanikan diri untuk dilakukan tindakan pada gigi saya meskipun merasa tidak siap. Mau ditunda berapa tahun ke depan pun pasti akan tercipta perasaan tidak siap untuk mengambil tindakan pada gigi. Kalau cepat atau lambat perasaan tidak siap selalu ada, mengapa tidak dicoba sekarang biar tau rasanya ke dokter gigi ? Toh saya memang membutuhkan dokter gigi supaya gigi saya menjadi bersih kembali. Kalau kita memang membutuhkan dan merupakan kebutuhan, tidak ada saat yang tepat dan benar-benar siap kecuali saat ini.
Do-not-wait

Tidak akan permah ada saat yang tepat untuk benar – benar siap

Tanyakan juga kepada mahasiswa yang sedang menghadapi sidang akhir dan ujian komprehensif. Mereka mengetahui tanggal ujian tersebut, tapi ketika mendekati hari – H tetap saja pikiran mereka mengatakan tidak siap. Siap atau pun tidak ujian komprehensif tetap saja berjalan. Lha memangnya kalau si mahasiswa mengatakan tidak siap, apakah sidangnya batal? Tentu tidak, kecuali si mahasiswa tersebut lari dari sidang pada hari H dengan risiko akan mendapatkan hukuman. Artinya cepat atau lambat kondisi pikiran manusia yang merasakan potensi ketakutan pada suatu peristiwa akan membentuk self defense, salah satunya adalah kata “belum/tidak siap” yang berakibat penundaan serta hilangnya waktu dan kesempatan. Meskipun cepat atau lambat, kata tidak/belum siap akan selalu ada di benak manusia dan baru dapat hilang setelah mengambil kesempatan atau peluang yang ada.
examination

Pada saat sudah mengetahui jadwal ujian jauh-jauh hari, selalu timbul pernyataan “Tidak Siap”

Lionel messi, pemain terbaik dunia lima kali menjalani debutnya pada usia 17 tahun. Bayangkan jika lionel messi menolak bermain menjalani debutnya untuk menggantikan pemain besar bernama Deco Souza di Barcelona kala itu dengan alasan “tidak siap”, minder dan demam panggung, mungkin Messi akan kehilangan kesempatan emas, kepercayaan dari pelatihnya serta tidak akan menjadikan Messi pesepakbola terbaik sejagat seperti saat ini.
Tanyakan keajaiban mengubah ketidaksiapan menjadi momen bersejarah kepada tim sepakbola Denmark pada tahun 1992. Kala itu Denmark dipastikan tidak lolos kualifikasi ke Euro 92 di Swedia sehingga pelatih dan anggota tim memilih untuk bersantai sambil liburan. Selang beberapa minggu karena ketidakstabilan keamanan, Salah satu peserta Euro 92 yakni Yugoslavia memilih mundur sehingga panitia menunjuk Denmark untuk menggantikan Yugoslavia. Bicara tentang kesiapan, sudah pasti Denmark tertinggal dari peserta lain karena pada saat tim lain memusatkan diri berlatih, pemain Denmark sedang liburan. Namun dengan waktu yang minim, Denmark memilih untuk ikut serta dalam Euro 92
Pada dua pertandingan pertama Grup 1, Denmark ditahan imbang Inggris dan Dikalahkan Swedia. Namun keajaiban kembali menyertai Denmark, di mana pada pertandingan terakhir Grup 1 mereka sukses mengalahkan Prancis dengan skor 2-1 sehingga mereka lolos ke babak semifinal mendampingi Swedia selaku juara grup.
Di babak semifinal, secara mengejutkan Denmark berhasil menahan imbang Belanda yang pada saat itu diperkuat oleh nama-nama top seperti Ronald Koeman, Frank Rijkaard, Franck De Boer, Ruud Gullit, Marco van Basten, Denis Bergkamp dll hingga waktu normal habis. Akhirnya Denmark lolos ke Final Euro 1992 melalui adu penalti.
Di babak final, Denmark kembali menjadi tim underdog mengingat lawan mereka adalah Jerman yang baru saja menjadi Juara Piala Dunia 1990. Namun keajaiban kembali terjadi setelah gol John Jensen dan Kim Vlitfort pada menit 18 dan 78 tidak bisa dibalas satupun oleh juara dunia tersebut sehingga Denmark sah menjadi Juara Euro 1992.
Denmark memusnahkan ketidaksiapan timnya akibat waktu latihan yang singkat menjadi keajaiban karena adanya keyakinan pada kesempatan yang datang. Coba kalau tim Denmark mengatakan “persiapan kami minim, latihan kami terlalu singkat sehingga fisik dan chemistry team lemah” bisa dipastikan tidak ada sejarah hebat dan tinta emas yang mengenang Denmark sebagai tim kejutan yang menjuarai Euro 92.
Pada akhirnya kata “siap” tidak akan pernah muncul kecuali dimulai sesegera mungkin dengan tindakan dan memanfaatkan kesempatan yang ada.
Clipboard013

Denmark menjuarai Euro 1992 dengan memanfaatkan ketidaksiapan tim sepakbola mereka

Sekali lagi Kalau kita memang menginginkan, membutuhkan dan merupakan kebutuhan yang dapat merubah kehidupan manusia menjadi lebih baik maka tidak ada saat yang tepat untuk menunggu kondisi benar-benar siap kecuali mengambil kesempatan dengan tindakan yang dilakukan saat ini
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 19, 2016 by .
%d bloggers like this: