dlucky14

Life Without Limits

Bersabarlah

Apa itu definisi sabar ? Kata yang sering sekali diucapkan tapi sulit sekali dijalankan. Belum tentu orang yang sering memberikan semangat dengan menyelipkan kata sabar dapat menerapkannya. Karena ujian kesabaran bagi setiap manusia itu berbeda-beda dan tidak bisa disamakan tingkat kesulitannya.
Seseorang yang kaya raya bernama A dapat menangis dan bersedih dalam waktu yang lama. Apa sebabnya ? Ternyata ia kehilangan sebuah kalung pemberian ibunya yg telah tiada. Karena pemberian langsung dari ibu, kalung itu amat sangat berarti. Dengan memakai kalung itu ia bisa merasakan kasih sayang dari ibunya.
Kemudian ada sehabatnya bernama B coba menghibur dan berkata “sabaaar yaaah, aku mengerti perasaanmu, pasti sakit sekali rasanya hilang kalung pemberian ibumu. Jangan bersedih, hilang kalung belum seberapa… Dulu aku kehilangan mobilku.. Itu nilainya jauh lebih besar dari kalung tersebut…”
Apakah dengan mengatakan hal tersebut bisa mengubah pandangan si A hilang kalung tadi?
Saya rasa tidak, malah saya yakin si A akan lebih memilih kehilangan satu atau lebih mobilnya dibandingkan ia kehilangan kalung tersebut. Karena apa ? Ya karena makna dari kalung pemberian ibunya. Kalung itu adalah hal yang sangat berarti bagi hidupnya dan tidak bisa dibandingkan dengan mobil walaupun harga mobil jauh lebih mahal dari kalung tersebut.
Bisa jadi B menganggap mobil adalah hal yang sangat berharga mengingat perjuangannya dalam membeli mobil tersebut sehingga kehilangan mobil merupakan pukulan yang sangat telak baginya. Meskipun harga mobil jauh lebih tinggi namun B tidak terlalu mengerti pentingnya arti kalung bagi A.
62744

Makna kehilangan ataupun cobaan bagi setiap orang berbeda-beda

Dari contoh di atas, ujian kesabaran bagi setiap orang tentunya berbeda-beda dan tidak bisa disamakan.
Sabar juga bukan berarti hanya berdiam diri dan hanya pasrah pada nasib. Seringkali orang terjebak dalam memaknai kata sabar.
Karena berniat mencari nafkah untuk mengidupi keluarga, seorang asisten rumah tangga (ART) misalnya, setiap hari ia selalu mengerjakan pekerjaan dengan baik namun bosnya selalu marah-marah dan sering membentak. Apa yang seharusnya ART lakukan ? Ada dua pilihan, Yang pertama, dengan alasan sabar ia bertahan dengan kondisi dimana ia harus dimarahi dan dibentak tanpa alasan. Yang kedua, dengan alasan sabar ia tidak membalas majikannya dengan amarah namin berhenti bekerja dan mencari lingkungan baru yang lebih bersahabat.
Mungkin pilihan kedua terlihat lebih bijaksana, karena ujian sabar pada contoh di atas adalah menahan amarah dan tidak membalas majikannya secara langsung. Sah-sah saja ART berhenti bekerja dan mencari kondisi yang lebih baik. Ingat manusia dibekali dengan akal pikiran sehingga jadi tahu bagaimana sabar untuk mencapai tujuannya.
Sabar juga bukan berarti bertahan pada satu titik tanpa adanya perbaikan. Ibarat mengendarai mobil dimana titik awal adalah Aceh dan tujuan akhir adalah Surabaya. Pada saat perjalanan ternyata ada ban yang robek terkena rel kereta api sehingga tidak bisa diperbaiki lagi. Apakah kita akan bersabar dan tetap menggunakan ban yang sobek? Saya rasa tidak. Alangkah bijaksananya ban yang sobek itu diganti dengan ban baru sehingga dapat membawa mobil itu ke tujuan akhir yakni Surabaya.
images

Sabar bukan berarti berdiam diri dan menunggu tetapi sikap diri dalam melakukan perbaikan

Di dalam keseharian mungkin saja kita dihadapkan dalam beberapa cobaan terutama kesabaran yang berbeda – beda maknanya bagi setiap orang. Sabar juga bukan berdiam diri pasrah menerima kondisi yang terjadi. Sabar adalah tetap setia berada pada cita-cita awal yang telah dibuat atau impian, dengan terus melakukan perbaikan atas proses yang terjadi.
Ibarat lari mengejar bayangan yang selalu berada di depan. Semakin dikejar dengan tenaga penuh tetap saja tidak bisa mendahului bayangan kita sehingga dapat membuat putus asa. Tapi bayangan tidak selamanya berada di depan kan ? Saat sabar menjalani proses, ada saatnya banyangan itu menyatu dengan diri sendiri dan ada kalanya bayangan tersebut berada di belakang badan persis seperti apa yang diharapkan.
Sabar memang mudah diucapkan, berat untuk dimaknai dan dilaksanakan namun ketika sudah dilalui sabar akan membuahkan hasil yang jauh melebihi harapan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 19, 2016 by .
%d bloggers like this: